OUTSCHOOL KELAS 7 PROGRAM 2018

Minggu, 4 Februari 2018 20:43:46 - oleh : admin
Rating: 1.2/10 (45 votes cast)
Share |


Sabtu, 3 Febuari 2018. Siswa kelas 7 Program SMPN 1 Bangil melakukan aktivitas di luar sekolah. Kegiatan ini dengan tujuan untuk melatih siswa dalam memahami sejarah dan melestarikan alam. Maka outschool kali ini mempunyai 2 lokasi pembelajaran. Pertama adalah Candi Brahu dan PPLH Seloliman, Mojokerto.



Di kompleks Candi Brahu didampingi oleh seorang pemandu. Siswa - siswi mendapatkan penjelasan tentang latara belakang dan sejarah penemuan Candi Brahu. Menurut bentuknya Candi ini adalah tempat pemujaan dalam agama Budha. Candi ini juga dibangun sebelum kerajaan Majapahit berdiri.



Dalam sesi tanya jawab beberapa siswa mengajukan pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang menarik adalah di Candi Brahu ada sebuah pintu sebagai tempat masuk untuk pemujaan. Siswa menyakan bagaimana cara masuk ke dalam tempat tersebut. Sedangkan tidak ada jalan menuju ke sana. Dijelaskan oleh pemandu bahwa diperkiran dahulunya ada tangga dari bawah menuju tempat pemujaan. Menurut perkiraan juga tangga tersebut ikut runtuh bersamaan dengan beberapa bagian candi yang tertimbun tanah.



Di PPLH Seloliman peserta outschool akan belajar tentang pelestarian alam. Dengan udara yang segar dan sejuk siswa sangat antusias melanjutakan pembelajaran.



Di bawah pohon besar yang rindah. Kursi disusun melingkar. Seorang pengajar menjelaskan tentang berbagai jenis limbah siswa mendengarkan dengan seksama sambil duduk melingkar. Ada yang mencatat, mendokumentasikan, sesakali bertanya jika ada penjelasan yang tidak mereka mengerti.



Mendengarkan paparan tentang proses pengolahan limbah. Limbah organik mudah terurai kebalikan dengan limbah anorganik yang sulit bahkan tidak bisa terurai secara alami. Limbah harus bisa dimanfaatkan menjadi sebuah karya kretif dan bernilai secara ekonomi.



Siswa memamerkan karyanya dari limbah kertas. Siswa belajar mengolah limbah untuk menghasilkan produk kerajinan. Diharapkan setelah proses belahar di PPLH Seloliman mereka mempunyai kepekaan dalam mengenali limbah apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi benda kerajinan



Jelajah hutan melatih siswa terus menjaga kelestarian alam. Kegiatan ini selain mengolah raga agar tetap sehat juga menjadi sarana rekreasi yang menyenangkan.



Setelah menyusuri hutan alam, mandi bersama di sungai. Terbayar sudah kelelahan menyurusi jalan setapak dengan medan yang menantang. Melihat sungai yang airnya mengalir deras. 

kirim ke teman | versi cetak




Share |

 Berita "Berita Terbaru" Lainnya

Logo